19 April 2014

Pengalaman pertama jadi Comic

Malem semua :) lama gak posting nih..
Gue seneng karena gue udah ngrasain rasanya jadi Comic tadi siang diacara Pentas Seni Perpisahan SMK gue :p Gue nggak nyangka, cobaannya seberat ini akhirnya menyelimuti pikiran gue. Dimana gue harus maju ke panggung dengan rasa deg-degan yang nggak nentu, gue harus siap-siap, misalkan nanti gue ber-StandUp gak lucu dan alhasil nggak ada yang ketawa, semua pasti campur aduk kaya es cendol didalam hati gue.


Inilah pelajaran pertama gue untuk menjadi StandUp Comedian, banyak rintangan yang harus gue jalanin. sekalipun pada saat gue bercerita di atas panggung tadi agak nggak nyambung. Gue tetep nyadar kalo memang penampilan gue just so so aja

terima kasih banyak buat temen2 gue yang udah support. nyemangatin gue tadi :)
tapi banyak kendala yang gue dapet. seperti sound sistem yg gak jelas suaranya, penonton yang ketawanya keras bgt. dan jujur gue gemeter berdiri di depan guru2 gue. jiakakakaka karena bisa di bilang materi yg gue bawain tuh sedikit ngawur bahsanya. seperti (Matamu, Goblok, Tai dll)
Ada salah satu bit yang minjem bitnya bang @fazarwarmit (udah ijin kok) :) Dan gak lupa gue tetep bahas tentang jkt48, walopun banyak guru2 yg gak ngeti -____-
Mungkin penampilan pertama inilah yang menarik gue untuk menjadi lebih baik lagi di StandUp Comedian. Hal-hal yang perlu disiapkan saat kita harus berStandUp dan mau naik ke atas panggung. Dari hasil pengamatan yang gue liat adalah:
  1. Lo harus bergaya se-simpel mungkin pada saat naik ke panggung. Jangan bergaya aneh-aneh dan jangan berpenampilan juga yang sok kegantengan ataupun kecantikan. karena yang pengen diliat dari Stand Up tuh bukan dari stylenya. Tapi dari bahasa yang lo keluarkan saat melucu,
  2. Lo harus nyiapin yang namanya materi-materi yang bakal lo bahas diatas panggung. Sehingga pada saat lo maju dan lo mulai ber-StandUp, lo udah nggak canggung dan lo ngalir aja gitu. hehe. karena ada temen gue yg sempet blank dan langsung turun dari panggung :)
  3. Usahakan jangan membuat penonton garing dengan bahasan yang lo ceritain. Setidaknya, sekalipun mereka gak sama sekali ada yang ketawa. Lo bisa membuat suasana nggak menjadi garing (ya walaupun kedengerannya agak maksa).
  4. Jangan pernah lupa doa dan minta mohon sama Tuhan, supaya diberi kelancaran yang baik saat bertampil. Karena doa adalah kunci dari segala-galanya. Sehingga keinginan apa yang lo pengenin saat diatas panggung bisa dikabulin semuanya. 
Yap, sekian cerita tentang pengalam gue pertama kali ber-StandUp Comedi yang bisa dibilang basi nggak, garing juga nggak, renyah apalagi. Memang serba salah yah terkadang perjalanan hidup ini. Tapi, semuanya itu bisa kita lalui kok, asalkan ada motivasi dan kemauan yang timbul dari dalam diri kita sendiri. Seberat apapun hal itu, kalau kita menjalaninya dengan ikhlas. Pada saat kita bisa menjalaninya, meski yang namanya cobaan itu, psti selalu akan silih berganti berdatangan.  JUST MOVE ON!!!jiakaka.. see you :*

ini penampakannya!

45 komentar:

  1. Semangat terus bang :v

    BalasHapus
  2. Nggak papa, untuk permulaan belajar dulu. Besok harus lebih baik! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih masih banyak kekuranganya :) soalnya baru pertama kali :v

      Hapus
  3. Widihhhh jadi comic lu broo asik nihhh ajarin dong qaqa hehe

    gue jg pengen banget openmicc

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaelahh cuma comic amatiran.. perform juga karena dipaksa temen. Pensi masih 2 minggu aja udah pada ngributin.. -____-

      Hapus
  4. Wuih. Keren bisa jadi comic. Gue dari dulu pengen banget jadi comic. Tapi, saat ditawarin openmic, malah malu. Maklum lah, gue masih SMP. :D

    Jadi gampang deh, kalo nanya-nanya tentang Stand Up. Sama lo boleh kan, nanya-nanya? Hehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh silahkan.. tapi ilmunya juga masih cetek -___- namanya juga newbie :v

      Hapus
  5. Kasih tips gimana menyampaikan bit yang tepat gitu dong, dan juga gimana caranya PD dan gimana solusinya kalo pas di panggung tiba2 nge blank. Ditunggu video nyaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya jangan sampai kemakan penonton.. fokus aja ama materi yg mau loe bawain sob :v

      Hapus
  6. keren banget lo udah punya pengalaman pernah stand up comedy di atas panggung. yaa, meskipun itu cuman di acara pentas seni perpisahan smk lo, tapi kalo lo bisa kembangin itu dan lo niat, insyaAllah lo pasti bisa berdiri di atas panggung stand up comedy yang di juri langsung sama raditya dika.

    tips-tips lo bermanfaat banget. keempat-empatnya memang sangat di butuhkan para comic yang akan ber stand up comedy. terutama jangan sampe lupa sama poin yang ke empat.
    kalo boleh gue nambahin sih, carilah materi yang sedang trend di masyarakat, sehingga bisa terlihat masih fresh dan keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ma Reyza support nya.. tapi gak ada niat sih buat ikut kompetisi kayak gituan. cukup cuma iseng2 aja :v

      Materi yg fresh bisa jadi senjata yang ampuh untuk memancing tawa. karena penonton juga akan mudah menerimanya :v

      Hapus
    2. yaa dicoba lah... siapa tahu jodoh bisa jadi comic beneran.

      nah. bener banget tuh.

      Hapus
    3. wahahahah makasih ya mas.. amin deh :)

      Hapus
  7. uwa, stand up comedy yak, aku jarang sih ikutin acara ini. Cuma kalau tampil di panggung itu emang bikin panik. Tetapi ketika mulai terbiasa, tampil di satu panggung dan lainnya, nerves lama-lama bisa dikontrol loh. Dulu aku benci banget kalau di suruh maju ke kelas. Sekarang santai ajah~

    Sukses terus ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya namanya juga udah biasa.. ya nggak akan grogi neng.. :)

      Hapus
  8. Wah, selamat. Open mic pertama kayak gitu selalu jadi pembelajaran yang berarti. Kemarin pernah coba Open mic cuman berani 2 kali tampil. Tampilan kedua malah lebih garing parah. Tapi rencananya hari kosong habis UN ini bakal dipake buat ngetes lagi ngelucu didepan orang banyak, diatas panggung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha :) garing emang resiko. yg penting udah mau mencoba.. iya kan? :)

      Hapus
  9. widhhh, komik nihh kapan kapan gue mau jadi komik ahh, biar ngerti gimana perasaannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. perform aja dulu sob di depan adek.. kalo gak mau ketawa, diancem aja :v wkwkwkw

      Hapus
  10. kalo gue lihat di "related post" blog lo, lo memang serius di dunia stand up komedian. keren! selamat yah uda bisa ngerasain gimana rasanya stand up pertama kali. itu pasti gerogi campur semangat sebelum naik ke panggung tuh!

    terus belajar,, semangat, jangan ragu buat stand up! hajar bro!!!

    BalasHapus
  11. Ih keren. Gue juga kepingin tuh nyobain jadi stand up comedian. Actually, gue pernah upload video stand up gue di youtube, dan parah ngebomb banget.

    Tapi sejak itu gue enggak nemu panggung, dan cuma nyoba-nyoba stand up comedy di depan kelas, tapi sekarang abis un jadi bingung enggak bisa stand up lagi. Sedang mencoba gabung sama komunitas stand up di sidoarjo.. hehe. kok jadi curhat ya.

    btw pas baca judulnya, gue berharap sih ada video pas lo stand up, tapi ternyata engga ada. Jadi enggak bisa komentar deh, yodah sukses yak, semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku udah lit video mu hud..
      wahh loe ikut komunitas stand up comedy ya? wah enak bisa ngasah bakat tuh :)

      Videonya uda ada tuh.. tapi temen yang ngambil. cuma dari hp :3

      Hapus
    2. eh videonya enggak jelas ngomog apaan -_- tapi lu keren banget, bisa perform satu set lama banget, dan gue lihat-lihat sih, lpm lo baguussssssss.... sukses yak.

      Hapus
    3. maksih mas.. total soh 20 menit mas.. itu gak dari awal sih hehehe :)

      Hapus
  12. semoga jadi stand up comedian yg sebenarnya gk cuma pas PENSI doang ya

    BalasHapus
  13. gue nunggu yag HD-nya aja deh , yang ini gak jelas videonya ...
    selamat udah berani openmic~
    semoga gak berenti cuma sampai disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin bang.. besok di perpisahan SMP temen gue. gue mau coba lagi dah.. dan bakal bikin materi sendiri. soalnya yang ini salah satu bit nya minjem kang @fazarwarmit .. hehehehe :v

      Hapus
  14. First time ya? Biasanya sih kalo pertama kali itu deg-degannya luar biasa banget ya. Sampe demam panggung nggak? Haha.

    Aku sih nggak punya bakat buat jadi comic kayaknya. Cuma suka aja kalo liat yang lagi standup gitu. Lagi-lagi, berawal dari Bang Radith.

    Emang udah kebayang sih jadi comic itu intinya harus punya materi ya. Kalo nggak ada, bingung juga mau ngomong apa di depan. Dan latihan terus. Itu juga penting biar nanti nggak lupa materi saat di panggung. Harus santai juga jangan keliatan groginya. Stay calm B-)

    Itu sayang videonya masih kurang jelas. Suaranya juga nggak begitu jelas. Tapi kayaknya pas kamu tampil seru ya. Keliatan dari respon penonton yang heboh.. Congrats! Jangan berhenti belajar, siapa tau bisa jadi comic beneran. Nggak amatiran lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku biasa aja sih kak soalnya sering banget nyletuk2 gitu di kelas.. yang nonton sebagian besar gue kenal. jadi gak asa rasa grogi sedikit pun.. paling2 ketawa ama tingkah gue sendiri :)

      iya videonya cuma pake hape sih.. besok gue aplod tin yang pake handi deh. lagi di potong2.. udah itu gede bgt ukuranya kak hehehe

      Hapus
    2. Nah biasanya emang gitu, kalo udah kebiasaan jadi nggak grogi. Apalagi yang nonton masih orang-orang yng dikenal. Semoga aja emang bakat di sana ya.

      Ohaha oke oke deh. Ditunggu aja. Jadi penasaran juga.

      Hapus
    3. Amin kak dwi :)

      tapi gak usah penasaran banget deh.. ntar malah jadi kepikiran hehehe :)

      Hapus
  15. tapi muka situ udah pas bangett jadi comic sih lutfi..hehehe..tinggal diasah aja ya lutfi...cemangaaaaaath!!!

    sapatau lu bisa jadi Dodit masa depan ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. whahaha gue aja ngakak kak kalo lagi ngaca. hahaha

      tapi gue gak bakal bisa kayak dodit.. pesonanyua beda :v

      Hapus
    2. Pas banget, kak mei si lutfi udah punya modal tuh jadi comic. loe ga mesti kayak dodit lagi, loe bisa jadi diri loe sendiri. semua comic kan punya ciri khas masing-masing. Tetap semangat ngecomiknya :D

      Hapus
  16. Semoga elu bisa jadi jawara SUCI Season 10, hehehe... soalnya gue yakin di SUCI season 10 elu udah bisa mateng banget jadi comic, kalo season2 sekarang kayaknya elu masih harus banyak belajar lagi.. Oke Kompor Gas deh buat elu :D

    BalasHapus
  17. keren kayakanya....penontonnya banyak yang ketawa...tapi sayang suaranya kurang kedengaran...kita tunggu yang hd aja ya.....semoga cepat keluar

    BalasHapus
  18. Yang kedengeran malah suara penonton -_-

    BalasHapus
  19. cciiee... yang jadi komic... yah, biarpun suaranya samar - samar karena penontonnya pada berisik... tapi keren kok...

    eh, kayaknya jadi komic asik ya... lain kali coba' ah...

    BalasHapus