25 Maret 2013

Melakukan Langkah kecil, why not?

Hay sobat LutfieZard? udah seminggu gak posting. Gue memulai postingan dengan menghela napas….
Haaah, negara ini…
Kenapa sih semua anak-anak itu? Ada yang udah galau lah, ada yang udah tahu cinta pada pandang pertama lah…


Padahal jaman gue, semuanya aman. Nonton sinetron romantis, dijadiin becandaan dan mimpi kayak :
“haaah, aku gede mau jadi kaya dia aah, punya cowok ganteng… terus sukses…”
Anak-anak sekarang, bener-bener dilaksanain. SD udah gandengan… heleh, gayamu.
Terus anak jaman sekarang kemana-mana megangnya Blackberry, megangnya iPhone, megangnya Android.
Orang tua sudah tidak tau dosis yang pas untuk anaknya. Anak sendiri cuma ngikut tren…

Jaman gue SD (MASIH 3 tahun lalu, belom lama) anak-anak masih pegang HP Siemens butut 3 generasi, kalau mewah paling Nexian bedua ama kakaknya. Kakaknya mayoritas udh punya HP, itu Nexian dilungsurkan buat dia.
Kenapa?

Karena anak dulu tahu priotitas utama kenapa mereka punya HP. Nelpon minta jemput, SMS nanya PR, denger musik sambil ngerjain PR. Dulu mereka aja masih rela biarin HP geletakan dan main benteng sama temen-temennya di lapangan sekolah.

Bandingkan dengan anak-anak sekarang. Yang diajak main, jawabnya “sabar, lagi mention Iqbaal CJR, ga dibales-bales dari kemaren! Aduuuh, Iqbaal kamu udah makan belum sih, Baal?”
Gue dulu begitu, sekarang sering kelepasan begitu. *Langsung lempar HP, ikutan main ama temen-temen*
Oke dunia dulu dan sekarang beda.

Memang terlihat ga mungkin main petak umpet di era anak SD udah sok dewasa. Ga mungkin kita lolos dari hinaan “cupu lo!”, itu salah satu tekanan sosial. Anak-anak sekarang sensitif sama yg namanya dibilang cupu, ga keren, ga gaul. Itu momok menakutkan bagi mereka.
Tapi di satu sisi mereka sulit merasakan indahnya masa kecil yang sebenarnya. Mereka sok dewasa, udah pacar-pacaran, mainin HP. Lalu pas gede? Pacaran lagi, main HP lagi. Bedanya pas gede, kita ‘main HP’ karena dikejar-kejar bos atau pekerjaan.

Anak jaman sekarang juga gak mungkin guling-gulingan di lumpur kaya dulu. Tapi setidaknya mereka dapat bersosialisasi, dapat berbaur dengan teman seumur mereka. Jalan-jalan ke mall, naik sepeda. Satu hal normal yang anak kota juga bisa lakukan tanpa gengsi.
Lagu anak juga mulai gak beres! Awalnya masih terasa wajar, wajar dinyanyikan orang dewasa dan tanpa sengaja anak-anak sok dewasa ini suka. Tapi lama kelamaan, anak-anak itu sendiri yang menyanyikannya.
Coboy Junior.

Contoh anak yang merusak kawan-kawannya sendiri.
Gue gak bisa bilang karena mereka anak-anak SD histeris sana-sini. Gue gak bisa bilang karena mereka anak SD membuang waktu belajar dan mainnya dengan mantengin TV, liat CJR.
Tapi dengan menjadi pelaku, mereka tersangka secara tidak langsung. Efeknya nyata di depan gue, banyak.

Gue juga gak bisa salahkan Sm*sh, Cherrybelle, Blink dan XO-XI dengan perkara yang sama seperti gue tulis diatas. Target mereka memang remaja putri dan remaja putra *LOL, kemayu abis*
Tapi tanpa sadar, target mereka berubah. Anak-anak mulai memuja mereka.
Di satu sisi, hatters tidak meluruskan sama sekali. Mereka cuma bisa mencibir fisik boyband dan girlband tersebut. Tanpa alasan yang jelas selain kebencian dan rasa jijik.
Anak-anak SD yang polos(?) ini emosi, membela ‘dewa-dewi’ mereka.
“Sm*sh suaranya bagus kok!”
“Kak Cherly Chibi cantik kok!”
Hatters tidak meluruskan masalah, mereka membuatnya makin rumit. Permasalan sesungguhnya adalah :
Boyband Girlband ini tidak pantas untuk anak seumur mereka, bukan bagian mereka.
Terlepas dari orisinil atau tidaknya, akar permasalahan sesungguhnya adalah ITU (kalau fans adalah seorang anak SD ababil yang mencari jati diri).

Hatters sendiri, bukanlah orang-orang yang benci pada boyband girlband diatas karena alasan diatas, melainkan karena memplagiat boyband girlband korea idaman mereka. DAN HATTERNYA BOYBAND GIRLBAND DIATAS, ANAK SD JUGA LAGI! *LOL*
Sebagai hatters bau kencur, mereka tidak paham definisi ‘benci’ yang sebenarnya.
Gue sendiri, makin lama makin gerah, capek, eneg sama anak-anak yang lahir tahun 2000 ke bawah. Gaya mereka makin tengil, mungkin efek dari sinetron Putih Abu-Abu?

Kalau menurut gue, sinetron itu bodoh. Penontonnya juga LEBIH BODOH.

Gue pernah ngobrol dengan staf di salah satu stasiun TV, kenalan gue. Gue komplain, “kok perusahaan kalian filmnya begitu semua? Tolonglah jam tayangnya diganti, biar gak terjangkau sama anak-anak yang belum umurnya!”

Jawabnya : “Lho, mau ditayangkan kapan lagi? Itu udah pas lho, jam pulang orang kantoran, jam-jam orang dewasa bisa santai. Kalau masalah anak-anak menonton kan juga campur tangan orang tua. Orang tua harusnya mengawasi, memilah tontonan si anak.”
Sekarang gue paham maksud dari BO yang dilampirkan stasiun-stasiun TV.

Menurut gue, orang tua itu bodoh, bodoh sekali, kalau meloloskan Putih Abu-Abu dari sensor mereka. Lagipun anak jaman sekarang itu buta ya? Jelas di judulnya, ‘putih-abu-abu’ bukan ‘merah-putih’. Bukan warna seragam yang mereka pakai hari Selasa. Ya udah pasti bukan tontonan mereka dong!
Anak jaman sekarang sudah jauh dari kata ‘anak-anak’, gak mau disebut ‘anak-anak’, gak mau disebut bocah, menurut mereka bocah itu gak dewasa, gak kayak kakak-kakak Blink atau CherryBelle.

Temen-temen mereka udah punya BlackBerry, mereka harus beli (itulah gunanya anak ditekankan pelajaran Ilmu Sosial sejak dini) kalau gak, gak gaul.

Harusnya ada musik untuk anak, harusnya ada tontonan untuk anak, harusnya ada gadget untuk anak.
Harusnya, ada orang tua yang pintar dan cermat untuk anak. Bukan orang tua bodoh yang cuma bisa menyerahkan segepok uang ke wajah anak itu, agar si anak diam, dan dia bisa hura-hura.
Gue mau merubah Indonesia. Mau bener-bener ada ‘something special’ untuk anak Indonesia. Super Junior dan SNSD (serta ‘cetakan versi Indonesia’-nya mereka) biar jadi jatah anak remaja. Bukan jatahnya anak Indonesia.

Jatah mereka itu main, main, belajar biar sukses, belajar lagi, lalu main lagi. Main yang sehat, main yang sesuai umur mereka.
Ah, andai saja Indonesia bisa se-melek itu, bisa se-melek gue…
Ada yang setuju sama gue? Setuju untuk membuat ‘sesuatu’ untuk anak Indonesia?
Gue gak bilang punya HP keren itu salah, gue gak bilang suka lagu-lagu jaman sekarang salah. Tapi semua ada bagiannya masing-masing. Jadi, berikanlah anak-anak itu sebuah space untuk mereka sendiri…

28 komentar:

  1. nah btul itu gue stju :)
    koment back sob maskedx.blogspot.com

    BalasHapus
  2. |o| postingan nya panjang banget ampe bingung mau baca nya @@,

    BalasHapus
  3. setuju banget, paling benci dah pokoknya ama boyband + girlban
    www.sevenskys.blogspot.com

    BalasHapus
  4. boyband dan girlband itu cuman jual tampang doank

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dari dulu kaleee! @@,

      Hapus
    2. gak juga kok.. :D itu tergantung ..!

      Hapus
    3. Adanya Trak Gandeng bang kalo Trek gantung kaga ada!

      wkwkwkwkw Ter = Trek = Truk :D

      Hapus
  5. Iya ya, sekarang anak kecil udh kehilangan idola yg pantas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget! mereka malah lebih memilih idola2 masa sekarang! kalo gue sih idolanya Om Kasino Warkop! wkwkwkwk

      Hapus
  6. *manggut-manggut*
    kamu yakin 3 tahun lalu anak SD masih pegang hape siemens? jangan-jangan yang bener 13 tahun lalu..heheheheheee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya! Sedikit gak yakin. tapi 3 tahun lalu bener kok.. xD

      Hapus
  7. Sepertinya kita harus mengembalikan anak anak ke dunianya. Dunia bermain, belajar, menyenangkan:)

    Boyband, untuk anak ABG lah, bukan SD :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang anak TK aja udah bawa I Phone. SIAL! Gue gak punya! wkwkwkw

      Hapus
  8. aku setuju banget!!! liat noh anak anak kecil jaman sekarang, udah tau pacaran, tau ngehina hina temen temennya, itu semua karena apa?? karena sinetron!! Argh!

    BalasHapus
  9. aduh miris ya...jaman sekarang idolanya anak SD tu boyband/girlband. gak kayak jamanku taun 90-an... anak2 ya senengnya artis cilik kek joshua, trio kwek2, maissy, dll. paling banter westlife hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu lagi sob! yaitu WARKOP DKI wkwkwkwk

      Hapus
  10. ngeliat abang ini hebat banget ngedesain header..
    kalo boleh nanya desainnya make apa ya??
    sorry OOT dikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma make standaran aja! Photoshop sama Dreamweaver 8 :D

      Hapus
  11. Duh gue juga nggak suka sama boyband gue lebih suka kangen band :0

    BalasHapus
  12. anak-anak memang sudah teracuni dengan boyband, girlband, dan sinetron.

    BalasHapus
  13. pembahasan yg mendalam bro....

    pangkal masalahnya menurut gua adalah orang tua. orang tua yang sibuk dengan urusan kantor yg g sempet ngurusin anaknya biar benar2 menjadi anak-anak yang anak-anak *lhoh*

    BalasHapus
  14. masa aku kecil dulu yang masih booming lagulagunya penyanyi cilik seperti joshua, messi, serina, triokwekkwek dll semua lagu lagunya memang khusus anak kecil nah sekarang,, yang sering diputar di tv itu lagulagu cinta lagulagu orang dewasa jadi jangan salah kalau anak TK nyanyinya yang cinta cinta gt... yah merasa miris juga sih melihat kenyataan yg sudah berputar 180 derajat..dn aku setuju perlu diberikan space bagi anak anak tapi sorry sedikit saran aja karena aku gak setuju dengan pernyataan loe yang mengklaim dengan kata BODOH. kenapa musti menggunakan kata Bodoh sih? kesannya kan jadi berasa loe yang paling pintar hehehe sekali lagi sorry

    BalasHapus